bisnis rumahan, peluang usaha, bisnis modal kecil

baju gamis,gamis syar'i

bisnis rumahan, peluang Usaha,baju muslim, baju gamis, grosir baju muslim,gamis, gamis syar'i, grosir gamis,batik , model baju batik, baju batik,model baju batik modern,baju batik modern,baju batik modern,dress batik,model batik,model batik modern,model dress batik,dress batik modern,batik fashion,fashion batik

Membuat Game Android Part I

example banner

Pernahkah anda bermimpi untuk membuat game android dan mengajak teman anda untuk memainkan game karya anda? Kini hal itu bukanlah mimpi lagi, kita bisa membuat game di perangkat android dengan mudah. Pada artikel ini mari kita berbagi bersama membuat game android.

Game Maker Studio

Namun pada artikel ini saya hanya berbagi kepada anda dengan menggunakan game maker studio saja.

Install Game Maker Studio

1.Download game maker studio (klik gambar di bawah ini untuk download).

2.Ekstrak file tersebut, kemudian install.

3.Setelah install tahap pertama selesai, klik “finish” dan posisi jalankan game maker tetap di centang, maka akan install update secara otomatis.



4.Akan muncul dua pilihan, pilih pada opsi stable, dikarenakan terkadang yang versi beta masih sering terjadi crash.

5.Anda tutup aplikasi game maker tersebut.

6.Kemudian patch file, caranya:
-tekan tombol windows atau tekan tombol start 
-kemudian tekan R atau jalankan run command
-ketik %appdata%GameMaker-Studio 
-setelah itu copy file patch.exe pada folder gamemaker-studio tersebut, kemudian anda klik tombol “Patch”.



7.Setelah selesai patching, anda restart PC / laptop anda.

8.Finish dan anda dapat menggunakan game maker tersebut.

Catatan:

-Pastikan anda telah memiliki android SDK dan beberapa software pendukung lainnya yang dapat anda lihat pada web official. 

-Untuk cara install lengkapnya anda dapat langsung menuju ke official web di sini. 

-Jika anda mengalami error “Just In Time Debugger” (saya mengalami ketika saya melakukan uji coba untuk artikel ini) , solusinya adalah masuk control panel >> internet option >> advanced >> pada kolom “browsing” ada dua pilihan yaitu “disable script debugging (internet explorer)” dan “disable script debungging (other)” pastikan kedua opsi tersebut dalam posisi di centang.

Memasukan sprites ke dalam game

Sprites adalah gambar yang mewakili objek dalam suatu game, maksudnya bahwa sprite merupakan suatu alat untuk visualisasikan objek yang sudah kita buat agar terlihat oleh pemain game. 

Contoh dari sprites misalnya : gambar karakter, gambar dinding atau gambar item.

Cara membuat sebuah sprite dalam game maker studio yaitu:

Pilih menu Sprites >> create sprites (ubah dulu game maker menjadi advanced mode untuk mendapatkan hasil yang maksimal; caranya : 

“File >> Advanced mode”), setelah itu maka akan muncul tampilan berikut:

Pada kotak “name”, anda dapat memberikan nama untuk sprite tersebut. Perlu di ketahui bahwa setiap sprites harus di beri nama berbeda dari sprites lain yang tujuannya untuk memudahkan kita mengelola sprites tersebut.

Untuk Memasukan gambar ke menu sprites klik “load sprite”, setelah itu pilih gambar mana yang akan anda masukan lalu pilih “open”, jika anda memasukan animated gif maka sprite itu akan berubah penjadi potongan animasi.

Klik menu “Transparant” untuk membuat background gambar sprite anda menjadi transparan.

Lalu terakhir menu “edit sprites”, berfungsi untuk melihat preview sprite anda, menu ini juga bisa berfungsi untuk memanipulasi gambar dari mulai merotasi gambar, menambahkan alpha, dan mengelola gambar strips seperti yang di atas.

Catatan:

Untuk mendapatkan file transparant biasa menggunakan .gif atau .png , anda dapat menggunakan animasi gif yang anda bongkar sehingga setiap gerakan animasi dapat anda jadikan sprites.

Membuat Objek dalam Game Maker

Objek adalah komponen dalam game maker yang berfungsi untuk menuliskan perintah-perintah yang harus di jalankan oleh suatu sprites atau resources lain. Objek memiliki peranan penting karena mengatur segala interaksi yang terjadi dalam game, misalnya karakter bergerak, menembak, atau menghindar.

Untuk membuat objek dalam game maker caranya yaitu: Klik kanan Object >> Create Object, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Menu objek cukup kompleks, karena di bagian kiri terdapat informasi mengenai sprites yang akan di pakai, di bagian tengah terdapat “menu event” dan di bagian kanan terdapat “menu Action”.

Lalu masukan sprites yang anda inginkan ke dalam objek. Menu visible berfungsi untuk menentukan apakah sprites yang kita masukan harus terlihat dalam permainan atau tidak. Sebagian besar Sprites dibuat visible tapi adakalanya Sprites di buat tidak terlihat, misalnya untuk membuat jalur gerak musuh atau membuat pintu menuju ruang rahasia dalam game.

Sedangkan menu Solid berfungsi untuk menentukan apakah objek tersebut harus di buat padat dan keras atau tidak, (biasanya menu ini solid di gunakan untuk membuat background).

Membuat Event dalam Game Maker

Untuk membuat Event caranya adalah masuk ke menu objek, lalu klik add event. Di bawah ini merupakan penjelasan fungsi-fungsi tombol yang ada pada menu event:

Create Event

Menu ini berfungsi untuk membuat suatu event (kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk membuat variable objek dalam game.

Destroy Event

Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game, menu ini jarang di pergunkan karena menu ini bisa di wakili oleh Action “Destroy Instance”.

Alarm Event

Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang kita telah set waktunya.

Step Event

Menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yan terjadi di saat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika anda mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka menu ini sangat efektif untuk membuat perintah perintah menu “action” menjadi lebih singkat dan terorganisir.

Collision Event

Dalam game maker, menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian seperti apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila karakter menyentuh power-up atau item.

Keyboard Event

Sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, misalnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.

Mouse Event

Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat ada interaksi dengan mouse ( klik kiri, klik kanan, dan lain-lain). Tidak hanya itu saja, event ini pun memungkinkan anda untuk bisa membuat objek bisa berinteraksi dengan tombol-tombol di joystick (jika menggunakan joystick).

Outside event

Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat suatu objek meninggalkan ruangan (room), contoh penggunaan event ini misalnya untuk membuat kejadian ketika karakter jatuh dari tebing, etc.

Boundary event

Sama seperti Outside Event, hanya saja bila outside event akan terjadi jika seluruh bagian objek meninggalkan ruangan, sedangkan bila boundary event akan terjadi walaupun hanya sedikit bagian dari objek yang keluar dari ruangan.

Views event

Berfungsi untuk menampilkan ruangan dalam sudut pandang berbeda, event ini biasanya di gunakan untuk game 3D.

Game Start Event

Berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat permulaan game, event ini biasanya di gunakan untuk memanggil load data Secara otomatis atau memainkan musik pada saat intro game.

Game End Event 

Fungsinya merupakan kebalikan dari game start event, event ini biasanya di gunakan untuk membuat auto saving dalam suatu game.

Room Start event

Berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage di mulai, biasanya event ini digunakan untuk menginisialisasi objek-objek yang ada pada game.

Room End Event 

Berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage usai atau pemain kembali lagi ke layer title.

No More Lives

Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa karakter telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over, etc.

No More Health

Event ini di mana bar kesehatan suatu karakter telah habis, maka apa yang hendak terjadi.

End of Animation

Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif digunakan bila sprite yang digunakan mempunyai lebih dari satu sub image.

End of path

Event ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan.

Close Button

Event ini hanya akan berfungsi jika kita disable fungsi threat close button as key yang ada pada global game setting >> other.

User Definied

Event yang ditentukan oleh pembuat sebagai suatu rincian tertentu.

Drawing event

Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , misalnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar dan settingnya.

Key pressed dan Key Released Events

Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut. 

Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya digunakan untuk menggerakan pemain. 

Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu tepat pada saat tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk membuat karakter dapat menembakan projektil atau peluru kepada musuh. 

Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol. 

Sumber: berbagai forum, blog dan website yang berkaitan dengan game maker studio serta hasil uji coba.

Special Thanks : Bpk.Abdul Azis dan blognya yang telah membantu saya belajar menggunakan game maker studio.

Judul Membuat Game Android Part I
Deskripsi Pernahkah anda bermimpi untuk membuat game android dan mengajak teman anda untuk memainkan game k…
Author
Rating

4.5/
5 Point

author
Author: 

    Related Post "Membuat Game Android Part I"

    Cara Mendapatkan Karakter Get Rich Lengkap
    Get Rich Memang game yang sangat menyenangkan
    Strategi War TH 8 COC dengan Trik GoWiPe Terbaru
    Android Anyar - Apa itu GoWiPe pada
    TubeMate, Aplikasi Cara Download Youtube Terbaik
    Aplikasi dan Cara Download Video Youtube Terbaik
    Kelebihan, Kekurangan, Spek dan Harga Infinix Hot 2 Android One X510
    Kelebihan, Kekurangan, Spek dan Harga Infinix Hot
     t-shirt, muscular, the best t-shirt, the best design t-shirt” title=
     bisnis rumahan, peluang usaha, bisnis modal kecil

    baju gamis,gamis syar'i

    Leave a reply "Membuat Game Android Part I"